Keuntungan & Risiko Menjadi Direktur, Komisaris, dan Pemegang Saham

Keuntungan & Risiko Menjadi Direktur, Komisaris, dan Pemegang Saham

Rp60.000

Penulis: Bonifasius Aji Kuswiratmo
Ukuran: 15 x 23 cm
Tebal: viii + 180 hlm
Penerbit: VisiMedia Pustaka
ISBN: 978-979-065-278-1

SKU: 978-979-065-278-1 Categories: ,
Product ID: 5315

Product Description

Selain mendapat gaji dan fasilitas lebih baik dari karyawan lainnya, direktur juga memiliki kewenangan yang tidak dimiliki organ perusahaan lain, yaitu hak penuh atas pengurusan perusahaan dan mewakili perusahaan dalam urusan eksternal. Namun, pada perusahaan Perseroan Terbatas (PT), kewenangan direktur dibatasi oleh peraturan perundang-undangan dan anggaran dasar serta dalam melaksanakan tugasnya diawasi langsung oleh komisaris. Dengan demikian, jika direktur melakukan kelalaian, sewaktu-waktu dapat diberhentikan melalui keputusan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

PT memiliki karakteristik pertanggungjawaban terbatas atas kebijakan direktur, komisaris, dan pemegang saham. Masing-masing organ perseroan tersebut memiliki tugas dan wewenang berbeda, sesuai fungsi jabatannya masing-masing. Namun, ketidakjelasan batasan fungsi jabatan tersebut sering kali mengakibatkan berbagai permasalahan, antara lain adanya benturan kepentingan, rangkap jabatan yang tidak tepat, maupun pelanggaran terhadap tugas & tanggung jawab kepengurusan perseroan sehari-hari.

Buku ini membahas secara lengkap mengenai direktur, komisaris, dan pemegang saham, terkait fungsinya dalam perusahaan perseroan. Menjadi lebih lengkap dengan adanya pembahasan contoh kasus atas permasalahan yang sering terjadi disertai penyelesaiannya. Dengan bahasa yang mudah dipahami dan komunikatif, buku ini dapat dibaca semua kalangan, baik organ perseroan, maupun pekerja, mahasiswa, para akademisi, serta pengusaha dan calon pengusaha.

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Keuntungan & Risiko Menjadi Direktur, Komisaris, dan Pemegang Saham”