Ini Alur dan Cara Mendaftar Seleksi CPNS

Ini Alur dan Cara Mendaftar Seleksi CPNS

Tertarik jadi CPNS? Tahun 2017 ini banyak info lowongan CPNS lho. Ini cara pendaftarannya.

Pertama kali yang dilakukan daftarkan dirimu ke portal Panitia Seleksi Nasional Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara (Panselnas Kemenpan), situs web klik di sini. Sebelum mendaftarkan ke instansi yang dituju, pendaftaran tes CPNS hanya bisa dilakukan secara online ke portal BKN (Badan Kepegawaian Negara), klik di sini situsnya.

Apa saja syarat pendaftaran tes CPNS?

Persyaratan yang perlu disiapkan pada saat pendaftaran tes CPNS, sebagai berikut:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  2. Kartu Tanpa Penduduk (KTP).
  3. Ijazah dan transkrip nilai.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  5. Berkas fotokopi digital dan transkrip dalam format PDF (dengan nama lengkap ekstensi PDF), maksimum berukuran 500 Kb.
  6. Surat lamaran diketik melalui komputer, bermeterai Rp6.000,- dan ditandatangani pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di https://sscn. bkn.go.id.
  7. Berkas pasfoto digital berlatar belakang warna merah ukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dalam ekstensi JPG), maksimum berukuran 30 Kb (siapkan juga dalam bentuk cetak berukuran 3×4 cm).
  8. Surat elektronik (email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  9. Judul dan abstrak tugas akhir, tesis, atau disertasi.
  10. Untuk pelamar lulusan luar negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Dikti-Depdiknas atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan penyetaraan ijazah.

Selanjutnya, begini alur pendaftaran CPNS setelah registrasi online di portal BKN, sebagai berikut.

  1. Peserta harus mencetak bukti pendaftaran online.
  2. Bukti pendaftaran online tersebut dikirim bersama berkas lamaran, beserta semua syarat yang dibutuhkan ke instansi yang dilamar.
  3. Setelah peserta dinyatakan lolos seleksi administrasi, peserta akan mendapatkan nomor tes yang disertai tempat dan waktu pelaksanaan tes, serta mencetak kartu peserta ujian secara

Untuk belajar materi soal-soal tes CPNS kamu bisa menyimak buku “Sukses Seleksi CPNS Sistem CAT.” Buku ini dilengkapi bonus software simulasi CAT, yang berisi variasi soal-soal seleksi CPNS, serta materi penting yang biasa keluar di seleksi CPNS.

Yuk, persiapkan dirimu mulai sekarang!

Foto: bisnis.com

 

alur pendaftaran cpns tahun 2017

Alur pendaftaran cpns tahun 2017, info grafis dari website Badan Kepegawaian Negara https://sscn.bkn.go.id/alur

 

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *