Inilah Cara Mengetahui Karakter Seseorang dengan Melihat Status dan Foto Profil

Inilah Cara Mengetahui Karakter Seseorang dengan Melihat Status dan Foto Profil

Media sosial sudah jamak digunakan untuk mengetahui latar belakang seseorang. Dari status-status yang diunggah selama mereka aktif di media sosial , gambaran karakter seseorang bisa diteliti. Betulkah demikian?

Dalam penelitian berjudul Personality and Patterns of Facebook Usage, disebutkan kepribadian seseorang dapat berhubungan dengan pola penggunaan media sosial, seperti Facebook. Gambaran perilaku dapat dikenali lewat status dan foto-foto yang diunggah. Kamu tidak perlu menjadi seorang psikolog kepribadian untuk mengenali hal ini.

Dewasa ini, kita sebaiknya bijak dalam menggunakan media sosial. Sebuah postingan dapat diidentikkan dengan diri kita. Bahkan ada juga perusahaan yang menggunakan media sosial untuk mengetahui kandidat karyawan, termasuk menyeleksi dan mengenali karakter karyawan.

Mau tahu cara mengecek karakter seseorang? Berikut cara mengidentifikasi karakter seseorang dari foto dan status posting-nya:

A. Mengetahui Karakter Seseorang dari Foto Profilnya Kurang dari Satu Menit

Melalui foto profil, kita juga dapat mengetahui karakter orang; kecenderungan seperti emosial, bersahabat, terbuka, tertutup, gaya hidup, semua bisa dideteksi melalui foto profil yang ditampilkan.

1. Tersenyum

Menampilkan foto profil dengan ekspresi wajah tersenyum menggambarkan orang tersebut adalah pribadi yang bersahabat, ramah, dan ulet. Selain itu, orang itu juga memiliki kecenderungan bersikap sungkan dan tidak enak hati terhadap orang lain.

2. Mata Melihat ke Arah Samping

Berpose dengan pandangan mata mengarah ke samping atas menandakan seseorang yang memiliki pendirian teguh, keras kepala, dan tipe yang cenderung percaya diri dalam menjalani hidup.

3. Mengembungkan Pipi

Berfoto dengan gaya menggembungkan pipi, merupakan tren anak muda masa kini. Dengan beragam alasan tentu saja. Padahal menggembungkan pipi dianggap mewakili karakter seseorang pada sifat manja dan perlu diperhatikan.

4. Menjulurkan Lidah

Karakter sensual yang kuat bisa dideteksi dengan orang yang berfoto dengan menjulurkan lidah.
5. Menutup Mulut dengan Tangan

Gaya berfoto menutup mulut bisa menandakan orang tersebut memiliki hal yang ingin ditutupi dan tidak ingin dilihat oleh orang lain. Entah jerawat, flek, atau apa pun yang bersifat kekurangan, maupun sesuatu yang tidak menyenangkan.

Nah, mengunggah foto profil dengan tangan tertutup, memperlihatkan karakternya yang cenderung tertutup atas permasalahannya yang dimilikinya.

2. Rekan Yang Menyertai

Sementara orang-orang yang suka mengunggah foto bersama teman-teman lain adalah tipe yang setia kawan dan mudah bergaul. Di sisi lain memiliki rasa tidak enak hati dan sulit mengatakan tidak terhadap permintaan orang lain.

3. Kegiatan yang Ditampilkan

Orang yang gemar mengunggah foto yang menampilkan dirinya saat kegiatan, seperti presentasi, kerja bakti, belajar, dan lain sebagainya, memiliki karakteristik cenderung percaya diri, periang, dan memiliki sifat pamer.

4. Frekuensi Ganti Foto

Bagi yang sering gonta-ganti foto profil di media sosial mewakili sifat seseorang yang sembrono, ceroboh dan sulit mempercayai orang lain, serta memiliki kecurigaan yang tinggi. Sebaiknya, jarang sekali ganti-ganti foto profil di media sosial dianggap sebagai pribadi yang merdeka, independen, dan memiliki prioritas tugas.

B. Status Posting

Sharing-mu, Personal Branding mu

 

Seperti halnya sifat atau kepribadian seseorang dalam psikologi, kita kenal adanya sifat ekstrovert dan introvert. Pribadi introvert dan ekstrovert juga bisa dikenali dengan dalam status posting di media sosial. Introvert, biasanya mereka yang lebih suka tampil tertutup menggunakan media chatting dibading update status terbuka atau melakukan komen. Sementara pribadi ekstrovert cenderung ceplas-ceplos atau terbuka menyampaikan pikirannya lewat statusnya.

Artikel di atas dikutip dari buku “Sharing-mu Personal Branding-mu”. Melalui buku ini kamu bisa mengetahui pentingnya media sosial untuk membangun dan menampilkan image diri. Buku terbitan Visimedia ini ditulis oleh Muhamad Fadhol Tamimy, Co-Founder Psikologi Indonesia. Buku ini mengajak pembaca cara-cara yang benar dan praktis dalam membangun personal branding melalui media sosial.

Nah, jika kamu ingin mengerti soal personal branding, betulkah tampilan foto dan update status seseorang bisa mewakili kepribadian seseorang? Temukan kunci-kuncinya dalam buku ini.

 

 

Foto: dayliprofitguru.com

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *