Siap Tes CPNS 2017; Yuk Cermati Tiga Tahap Ini Agar Lolos Tes

Siap Tes CPNS 2017; Yuk Cermati Tiga Tahap Ini Agar Lolos Tes

Tahun 2017, setidaknya ada 61 instansi pemerintah membuka lowongan CPNS. Nah, bagi kamu yang berminat mengikuti tes CPNS 2017, berikut tiga tahapan utama yang perlu dicermati dan ikuti agar kamu bisa “lolos” tes.

  1. Cek Persiapan Administrasi

Tes CPNS diatur sangat cermat dan sesuai peraturan, urusan berkas administrasi menjadi tahapan penting. Ibaratnya ini kunci pembuka pintu pendaftaran. Nah, lengkap tidaknya berkas administrasi dapat menentukan bisa atau tidaknya Anda mengikuti tes CPNS.

Biar kamu tidak pusing, buatlah ceklis untuk menghindari kegagalan administrasi, periksa, dan lengkapilah berkas administrasi yang dibutuhkan sejak jauh hari sebelum batas waktu registrasi ditutup. Update, informasi terkini secara rutin seputar CPNS lewat internet. Makin cepat beres urusan kelengkapan administrasi, kamu bisa fokus ke hal lain seperti kesiapan mental dan materi tes.

  1. Cek Persiapan Materi Tes

Setidaknya kamu butuh persiapan belajar lebih kurang dua bulan untuk latihan soal. Sebelum ketahapan ini kamu mesti tahu materi tes yang perlu dipelajari. Berlatih soal-soal pilihan yang ter-update bisa kamu lakukan rutin setiap hari selama dua bulan. Tidak perlu lama, cukup luangkan waktu 30-60 menit rutin per hari.

Banyak cara belajar latihan soal CPNS. Dari mulai menggunakan kumpulan soal-soal tes CPNS hingga menggunakan aplikasi Android, sebagai contoh aplikasi “Sukses Seleksi CPNS” yang dikembangkan oleh Visimedia.

Sementara kisi-kisi soal secara umum adalah materi wawasan kebangsaan, tes inteligensia umum, tes karakter pribadi, tes kemampuan bidang, hingga psikotes kepribadian.

Secara umum, materi tes CPNS dari tahun ke tahun tidak banyak berubah. Ini berarti kamu bisa meraba pola soalnya. Hanya untuk pengetahuan umum dan isu terkini kamu mesti mengikuti update kabar dari media online.

  1. Cek Persiapan Fisik dan Mental

Fisik dan mental yang baik dapat membantu kamu dalam mengerjakan tes seleksi CPNS. Jika tubuh dalam keadaan sehat, mengerjakan soal tes akan lebih konsentrasi . Maka, beristirahatlah yang cukup saat akan menjalani tes seleksi CPNS.

Selain kondisi fisik yang sehat, perlu juga diimbangi mental yang mantab. Mental yang mantab dibangun dari rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat bahwa melalui tes seleksi CPNS ini adalah bagian dari jalan meraih mimpi-mimpimu.

Saran di atas diambil dari buku “Sukses Seleksi CPNS” Sistem CAT. Buku kumpulan soal CPNS bisa menjadi teman belajar dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi CPNS.

 

Foto: tempo.co

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *