Shopping Cart

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Blog

Langkah Berkarier sebagai Prajurit TNI

Image

ImageSelain pegawai negeri sipil, profesi  Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebenarnya bisa dijadikan lahan untuk pengembangan karir. Bahkan terbukti banyak para pemimpin yang lahir dari ruang militer ini. Sampai saat ini, minat pemuda-pemudi  tumbuh, baik di Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), atau Angkatan Udara (AU).

Alasan lainnya, menurut Henry S. Siswosoediro penulis Buku Pintar Calon Anggota TNI, “TNI merupakan institusi yang menjanjikan masa depan cerah dengan kepastian jaminan sosial, gaji, uang lauk-pauk, tunjangan keluarga, dan kesempatan berkarier.”


Seperti halnya PNS, kelak prajurit yang diberhentikan dengan hormat memperoleh rawatan dan layanan purnadinas yang meliputi pensiun, tunjangan bersifat pensiun, tunjangan atau pesangon, dan rawatan kesehatan.

Setiap prajurit memperoleh kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya melalui pendidikan dan penugasan, dengan mempertimbangkan kepentingan TNI serta memenuhi persyaratan yang ditentukan.
Masih dalam buku yang disusun Henry, salah satu kelebihan lain menjadi prajurit TNI adalah mendapatkan pendidikan gratis sebelum diangkat sebagai prajurit resmi. Setelah menjadi prajurit pun seluruh anggota TNI juga mempunyai kesempatan untuk mendapatkan kenaikkan pangkat dan pendidikan lanjutan. Termasuk peluang disekolahkan ke luar negeri (hlm 2).

Menurut pengamatan Henry, seleksi  anggota TNI yang biasanya dilakukan dengan ketat dan tidak semua pendaftar yang melamar bisa lolos menjadi siswa calon prajurit. Untuk mendapatkan gambaran lebih detil sebelum melangkah dan berkarier sebagai anggota TNI, Henry menunjukkan langkah-langkahnya dalam Buku Pintar Anggota TNI.

Buku tersebut menjawab pertanyaan sebagai berikut: apa saja yang diperlukan sebelum menjadi TNI? Bagaimana mempersiapkan diri menjadi calon anggota TNI? Apa persyaratan menjadi anggota TNI? Kapan dan di mana harus mendaftarkan diri? Apa saja yang diujikan dalam seleksi penerimaan?

Nah, pertanyaan-pertanyaan di atas dijawab secara tuntas dalam buku terbitan Visimedia. Buku pegangan ini berbonus contoh soal dan jawaban ujian masuk TNI.

Write a Reply or Comment