Categories: Artikel Buku

Siap dan Percaya Diri Menghadapi Soal Psikotes

Berlatih mengerjakan soal-soal psikotes bisa kapan saja. Anda tidak perlu terpaku saat akan menghadapi psikotes saja. Kapan pun dan di mana saja Anda bisa meluangkan waktu 1 sampai 2 jam untuk berlatih menjawab soal-soal Psikotes. Tujuannya sederhana,  semakin sering berlatih, semakin terbiasa pula Anda mengenali ragam soal yang disajikan. Selain itu Anda bisa menyimak peta dan mengukur durasi penyelesaian soal. Ditambah lagi dengan berlatih, Anda bisa mengukur kemampuan Anda.


Berbeda dengan orang yang tidak pernah menyentuh dan berjumpa dengan soal-soal Psikotes, ia cenderung sulit memprediksi peta soal.  Barangkali bisa saja ia gugup dan kaget dengan soal-soal yang diberikan.  Strategi menjawab pun mungkin belum ia temui. Maka inilah pentingnya berlatih soal-soal psikotes.  Anda bisa lebih siap dan percaya diri saat ada undangan psikotes untuk rekrutmen pegawai.

Menurut Yuyun M, Spsi, dalam pengantar bukunya Soal dan Jawaban Psikotes untuk Calon Pegawai, tujuan dari psikotes adalah melihat motivasi dan kemampuan seseorang dalam bekerja, aspek emosional, kemampuan beradaptasi, serta kemampuan individu dalam menghadapi persoalan sehari-hari. Inilah yang perlu Anda pahami dari psikotes, bila Anda pernah gagal dalam psikotes bukan berarti Anda tidak pintar.  Mungkin Anda hanya belum terbiasa saja.

Dalam buku tersebut, Yuyun menambahkan, “Jika akan ada tes dalam waktu dua minggu ke depan, berlatihlah dari sekarang. Jangan sekali-kali menyepelekan tes, karena hanya akan menjauhkan diri Anda dari sukses.”

Umumnya ada 11 tipe tes yang disuguhkan dalam psikotes. Diantaranya tes pengetahuan umum,  tes penalaran, tes sinomin, tes antonim, tes analogi, tes Bahasa Inggris, tes matematika, tes gambar, tes deret  angka, dan banyak lagi.

Selengkapnya kumpulan latihan psikotes bisa Anda pelajari dalam buku Soal dan Jawaban Psikotes untuk Calon Pegawai. Melalui buku ini Anda belajar strategi menyelesaikan soal-soal dalam psikotes. Buku baru terbitan Visimedia ini dibuka dengan tip sukses mengerjakan psikotes (sebelum, saat tes berlangsung, dan setelah tes) dan dilanjutkan dengan kumpulan soal-soal yang didampingi dengan jawaban.  Untuk soal tes matematika dilengkapi dengan langkah-langkah menjawab soal.  

Buku ini cocok sekali untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan. Selamat berlatih dan menyegarkan wawasan dengan psikotes. 

Share|

newsroom

Recent Posts

Pastikan Menyusui Bayi dengan Benar, Ini Tips-nya dengan Teknik Marmet

Posisi salah dalam menyusui akan berdampak bayi tidak cukup mendapat asupan ASI. Efeknya bisa menyebabkan…

4 tahun ago

Bonus Alat Makan Cantik Setiap Pembelian Buku Masakan Visimedia di Gramedia

Dalam rangka menyambut new year & lunar new year 2020, setiap pembelian buku masakan terbitan…

4 tahun ago

Dapatkan Tumbler Cantik, Setiap Pembelian Buku Parenting Terbitan Visimedia

Dalam rangka menyambut new year & lunar new year 2020, setiap pembelian buku parenting terbitan…

4 tahun ago

Tahun 2020, TNI Rekrut Lebih dari 17 Ribu Anggota untuk Akmil, Bintara, dan Tamtama

Foto http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/ Ini panggilan khusus dari negara untuk kamu yang saat ini berusia 17--22 tahun.…

4 tahun ago

Resep Kari Ayam dari Bunda Adviany Tenri Fada Pia

Berbincang “Kari”, bisa mengacu pada tiga makna. Pertama, kari sebagai masakan. Kedua, nama daun Kari.…

5 tahun ago

Resep Puding Karamel dari Seleb Facebook Adviany Tenri Fada Pia

Banyak jenis puding yang biasanya terbuat dari bahan agar-agar. Untuk resep kali ini, puding tidak…

5 tahun ago