Artikel

Siap Tes CPNS 2017; Yuk Cermati Tiga Tahap Ini Agar Lolos Tes

Tahun 2017, setidaknya ada 61 instansi pemerintah membuka lowongan CPNS. Nah, bagi kamu yang berminat mengikuti tes CPNS 2017, berikut tiga tahapan utama yang perlu dicermati dan ikuti agar kamu bisa “lolos” tes.

  1. Cek Persiapan Administrasi

Tes CPNS diatur sangat cermat dan sesuai peraturan, urusan berkas administrasi menjadi tahapan penting. Ibaratnya ini kunci pembuka pintu pendaftaran. Nah, lengkap tidaknya berkas administrasi dapat menentukan bisa atau tidaknya Anda mengikuti tes CPNS.

Biar kamu tidak pusing, buatlah ceklis untuk menghindari kegagalan administrasi, periksa, dan lengkapilah berkas administrasi yang dibutuhkan sejak jauh hari sebelum batas waktu registrasi ditutup. Update, informasi terkini secara rutin seputar CPNS lewat internet. Makin cepat beres urusan kelengkapan administrasi, kamu bisa fokus ke hal lain seperti kesiapan mental dan materi tes.

  1. Cek Persiapan Materi Tes

Setidaknya kamu butuh persiapan belajar lebih kurang dua bulan untuk latihan soal. Sebelum ketahapan ini kamu mesti tahu materi tes yang perlu dipelajari. Berlatih soal-soal pilihan yang ter-update bisa kamu lakukan rutin setiap hari selama dua bulan. Tidak perlu lama, cukup luangkan waktu 30-60 menit rutin per hari.

Banyak cara belajar latihan soal CPNS. Dari mulai menggunakan kumpulan soal-soal tes CPNS hingga menggunakan aplikasi Android, sebagai contoh aplikasi “Sukses Seleksi CPNS” yang dikembangkan oleh Visimedia.

Sementara kisi-kisi soal secara umum adalah materi wawasan kebangsaan, tes inteligensia umum, tes karakter pribadi, tes kemampuan bidang, hingga psikotes kepribadian.

Secara umum, materi tes CPNS dari tahun ke tahun tidak banyak berubah. Ini berarti kamu bisa meraba pola soalnya. Hanya untuk pengetahuan umum dan isu terkini kamu mesti mengikuti update kabar dari media online.

  1. Cek Persiapan Fisik dan Mental

Fisik dan mental yang baik dapat membantu kamu dalam mengerjakan tes seleksi CPNS. Jika tubuh dalam keadaan sehat, mengerjakan soal tes akan lebih konsentrasi . Maka, beristirahatlah yang cukup saat akan menjalani tes seleksi CPNS.

Selain kondisi fisik yang sehat, perlu juga diimbangi mental yang mantab. Mental yang mantab dibangun dari rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat bahwa melalui tes seleksi CPNS ini adalah bagian dari jalan meraih mimpi-mimpimu.

Saran di atas diambil dari buku “Sukses Seleksi CPNS” Sistem CAT. Buku kumpulan soal CPNS bisa menjadi teman belajar dalam mempersiapkan diri menghadapi tes seleksi CPNS.

 

Foto: tempo.co

Guest Account

Recent Posts

Pastikan Menyusui Bayi dengan Benar, Ini Tips-nya dengan Teknik Marmet

Posisi salah dalam menyusui akan berdampak bayi tidak cukup mendapat asupan ASI. Efeknya bisa menyebabkan…

4 tahun ago

Bonus Alat Makan Cantik Setiap Pembelian Buku Masakan Visimedia di Gramedia

Dalam rangka menyambut new year & lunar new year 2020, setiap pembelian buku masakan terbitan…

4 tahun ago

Dapatkan Tumbler Cantik, Setiap Pembelian Buku Parenting Terbitan Visimedia

Dalam rangka menyambut new year & lunar new year 2020, setiap pembelian buku parenting terbitan…

4 tahun ago

Tahun 2020, TNI Rekrut Lebih dari 17 Ribu Anggota untuk Akmil, Bintara, dan Tamtama

Foto http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/ Ini panggilan khusus dari negara untuk kamu yang saat ini berusia 17--22 tahun.…

4 tahun ago

Resep Kari Ayam dari Bunda Adviany Tenri Fada Pia

Berbincang “Kari”, bisa mengacu pada tiga makna. Pertama, kari sebagai masakan. Kedua, nama daun Kari.…

5 tahun ago

Resep Puding Karamel dari Seleb Facebook Adviany Tenri Fada Pia

Banyak jenis puding yang biasanya terbuat dari bahan agar-agar. Untuk resep kali ini, puding tidak…

5 tahun ago