Shopping Cart

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Blog

Peluang Jualan Kuliner Soto dengan Resep Unik Soto Medan

soto medan dari buku cooking at home

Ada 100 inspirasi resep masakan dalam buku Cooking at Home bisa dimanfaatkan untuk peluang berjualan katering atau membuka usaha kuliner. Resep dari dapur keluarga ini bisa bunda coba dari rumah.

Dari hasil iseng dan coba-coba dan sedikit ide kreatif aneka resep ini bisa dicoba dahulu dalam lingkungan keluarga. Jika hasilnya memuaskan dan banyak yang suka tidak ada salahnya mencoba peluang usaha kulineran.

Usaha kuliner soto barangkali bisa dipilih menjadi peluang. Soto adalah kuliner yang bisa dibilang hampir ada di setiap daerah. Misalnya soto Bogor, Soto lamongan, soto Kudus, hingga soto Padang, hingga soto Medan. Soto setiap daerah punya keunikannya masing-masing.

Menu soto yang kali ini akan dibagikan dan sebagai inspirasi adalah soto Medan. Menu berkuah dari Medan ini, warnanya kuning. Bersantan dengan bumbu rempah yang terdiri beberapa kapulaga dan kayu manis. Cara memasak pun relatif mudah dalam enam langkah.

Satu yang khas dari soto Medan terdapat tauge, perkedel kentang, dan emping goreng. Sementara untuk pilihan daging ada yang menggunakan daging sapi dan ayam.

Nah untuk menjajal cita rasa soto Medan, sementara tidak perlu pergi ke Medan dahulu. Cukup berkreasi dan berani menjajal resep ini dari dapur rumah. Berikut bahan dan cara pembuatan resep “unik” soto medan.

Sebelum memulai, perhatikan tip memasak soto medan berikut ini.

  • Memasak soto medan ini tidak usah memisahkan santan encer dengan santan kental, yang penting masak
  • sotonya harus terus diaduk supaya kuah soto bagus dan santannya tidak pecah.
  • Jika lebih suka soto yang encer, bisa tambahkan air sesuai selera.

 

Bahan:

1 ekor ayam, potong 6 bagian

1 lt air, untuk merebus ayam

1½ lt santan, dari 1 butir kelapa

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

Minyak goreng secukupnya untuk

Menumis

 

 

Bumbu Yang Dihaluskan:

 

8 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 cm jahe

3 ruas kunyit

2 buah kemiri, sangrai

1 sdm ketumbar butir, sangrai

1 sdt jintan

1 sdt merica butir

 

 

Bumbu Rempah:

 

6 buah kapulaga

4 cm kayu manis

2 buah pekak (bunga lawang)

2 batang serai, memarkan

3 cm lengkuas, memarkan

5 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk, buang tulang daun

 

Bahan Pelengkap:

 

Tauge secukupnya, seduh dengan air

hangat

Daun bawang atau seledri, iris

Jeruk nipis

Emping goreng

Bawang goreng

Sambal cabai rawit

Perkedel kentang

 

Cara Memasak Soto Medan

  1. Cuci ayam, lumuri dengan perasan jeruk nipis. Diamkan sebentar, lalu cuci bersih kembali, kemudian beri garam sambil digosok-gosokkan.
  2. Didihkan air, lalu rebus ayam dan buang buih-buih yang mengapung. Jika ayam sudah matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng ayam hingga kekuningan, suwir-suwir. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus bersama bumbu rempah sampai harum dan tambahkan sedikit air (air dari kaldu ayam) supaya bumbu tidak gosong. Tumis hingga matang.
  4. Tuang bumbu ke panci berisi kaldu ayam (air sisa rebusan ayam) dan campurkan santan. Aduk-aduk. Kemudian nyalakan api.
  5. Beri garam dan gula pasir secukupnya. Jika sudah mulai mendidih, kecilkan api. Masak sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah. Koreksi rasa.
  6. Sajikan soto dengan ayam suwir dan bahan pelengkap lainnya.

cooking at home sajian masakan rumahan LinnaResep soto medan di atas diambil dari buku Cooking at Home yang ditulis oleh Linna, seorang selebgram bidang resep masakan rumahan. Dari hobi memasak ia membagikan resep-resepnya di Instragam yang beralamat di @maybelin_ma

Dalam buku yang diterbitkan oleh Visimedia, Linna membagikan inspirasi masakan sehat dari rumah seperti menu favorit keluarga, menu seafood, sup sehat, menu mie & bihun, menu daging, menu tumisan, dan menu ayam.

Bagaimana bunda, berani mencoba menu masakan sehat ala mom Linna?

 

Happy Cooking.

 

 

Write a Reply or Comment

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping