Shopping Cart

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Blog

Inspirasi Menu Masakan Ala Ummu Wajeeha, Solusi Sajikan Masakan Rumahan untuk Keluarga Tercinta

sup bihun bakso ikan

Lamanya waktu menyiapkan menu masakan ternyata menjadi salah satu penyebab Moms malas ke dapur. Memang Moms, mengolah bumbu dan bahan masak akan memakan banyak waktu dan tenaga. Menu masakan Asia, terutama Indonesia, memang dikenal membutuhkan banyak bahan dan aneka jenis bumbu dan rempah.

Selain alasan di atas, seperti yang dilansir Kompas.com, setidaknya ada tiga alasan utama malas memasak di rumah. Pertama, terlalu sibuk. Kedua, tidak menguasai ilmu resep masakan. Ketiga, kurangnya motivasi memasak.

Namun moms, kembali ke tujuan untuk hidup sehat dan memberikan keluarga tercinta makanan sehat dari rumah, memasak adalah pilihan tepat. Selain lebih sehat, memasak sendiri juga lebih hemat, bukan? Nah, jika mindset awal ini mulai tumbuh, pilihlah menu masakan yang bisa disajikan dengan cara cepat dengan bumbu yang mudah didapatkan.

Selanjutnya, buatlah dan tempel jadwal menu masakan dalam seminggu. Hal ini untuk menghindari kebosanan dan kebingungan Moms mau masak apa.

Inspirasi Resep Masakan Ala Ummu Wajeeha

Jika motivasi Moms memasak tidak ada, cobalah meniru Ummu Wajeeha. Ibu rumah tangga asal Jawa yang tinggal di Singapura ini membagikan tip dengan menonton chef-chef memasak.

“Nonton chef-chef masak dengan tips dan triknya gitu jadi semangat lihat dan belajar, padahal seringkali nggak paham bahasanya. Tapi, saya seneng lihat mereka masak yang kelihatan menggugah selera gitu.”

Selain menonton chef memasak, Ummu Wajeeha juga sering mencari dan mencoba resep-resep masakan yang ia temukan di Google, Instagram, YouTube, dan buku-buku masakan. Dengan melihat foto-foto dan video masakan, semangat untuk mencoba memasak bisa terbangun.

Nah, hasil percobaan masak Ummu Wajeeha yang awalnya ia tujukan untuk keluarga tercinta, ia bagikan dalam Facebook. Kini sudah 124 ribu followers mengikuti posting-annya. Sampai saat ini lebih dari 140 jenis resep masakan yang ia buat dan sebagian dibukukan dalam buku masakan Loving Cooking terbitan VIsimedia Pustaka.

Ummu Wajeeha mencoba menyajikan menu masakan dengan dasar cinta keluarga. Ia memasak sendiri makanan keluarganya untuk mengatasi perbedaan budaya & selera dengan anak dan suami yang merupakan warga negara Singapura dengan Ras India. Resep-resep yang disajikan merupakan akulturasi budaya India, Indonesia, Chinese, bahkan Jepang.

Melalui buku ini, Ummu Wajeeha mencoba memotivasi dan membagikan resep masakan dari berbagai negara yang dikemas dengan simpel dari bahan yang mudah didapat, serta disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Ummu Wajeeha mengelompokkan menu-menunya dalam tujuh jenis olahan:

  1. Olahan nasi, dari menu Nasi Lemak hingga Tomato Rice.
  2. Olahan ayam, dari menu Sayap Goreng hingga Ayam Goreng Telur K
  3. Olahan sayuran, dari Tumis Cabbage Ayam hingga Tomato Soup mix V
  4. Olahan seafood, dari Salmon Saus Madu Lemon hingga Ikan Bawal K
  5. Olahan mie, dari bihun goreng hingga spaghetti bihun goreng.
  6. Olahan lauk-pauk, dari telur berempah hingga telur tahu bacem.

Dalam buku Loving Cooking juga disajikan aneka menu favorit untuk anak. Contohnya, menu untuk tujuan sarapan, bekal, dan makan sore, yaitu Nasi Kepal Isi Bakso Ayam Keju. Berikut bahan dan cara memasaknya yang diambil dari halaman 130, buku Loving Cooking.

BACA JUGA: Lakukan Tip Ini Jika Bayi dan Anak Mommy Susah Makan

Bahan yang dibutuhkan:

1 mangkuk nasi putih yang pulen

¼ sdt lada bubuk

¼ sdt garam halus

6 bakso ayam isi keju (ukuran sedang)

1 butir telur (kocok lepas)

Tepung panir secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Plastik (untuk mengepal/memadatkan)

 

Cara memasak:

  1. Campurkan nasi dengan lada dan garam halus, aduk rata.
  2. Ambil nasi secukupnya, letakkan bakso di plastik. Pipihkan nasi dan letakkan bakso di atasnya, lalu kepal nasi hingga padat dan bakso terbungkus rapi dengan nasi. Lakukan hingga nasi habis.
  3. Celupkan nasi kepal ke dalam kocokan telur, lalu guling-gulingkan ke dalam tepung panir hingga permukaan nasi tertutup rata.
  4. Goreng nasi kepal dengan minyak panas hingga kuning keemasan.
  5. Angkat dan tiriskan.
  6. Sajikan selagi hangat.

 

Nasi Kepal Loving Cooking Ummu Wajeeha Visimedia
Foto Nasi Kepal dari buku Loving Cooking, resep Ummu Wajeeha.

 

Moms, memasak sajian untuk keluarga memang lelah, tetapi jauh lebih sehat. Hal ini karena masakan yang Moms hadirkan pasti higienis dari dapur rumah. Untuk menghindari kebosanan dalam mengolah menu, Moms bisa mencoba berbagai variasi menu istimewa yang disajikan dengan cepat, sehat, dan hemat. Buku resep masakan Loving Cooking bisa menjadi inspirasi. Buku terbitan Visimedia ini disajikan dengan foto-foto masakan berwarna yang menggugah selera.

loving cookingMelalui buku ini, Ummu Wajeeha mendorong Moms agar memiliki semangat untuk membahagiakan keluarga dengan menyajikan masakan terbaik. Lewat buku ini juga, Ummu Wajeeha berharap dapat menginspirasi moms untuk mencoba peluang usaha katering. Ya Moms, menu-menu di buku ini juga bisa menjadi inspirasi Moms untuk membuka usaha katering dan bento.

Yuk, Moms, sajikan masakan untuk keluarga tercinta dengan penuh semangat, rasa syukur, dan cinta. Selain itu, juga bisa untuk inspirasi membuka peluang usaha, Moms.

 

 

 

 

 

Foto: dok. Ummu Wajeeha.

Write a Reply or Comment

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping