Shopping Cart

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Search in posts
Search in pages

Blog

Yuk Mama, Bikin Playdate Sendiri, Agar Main Bareng Bikin Makin Seneng

bikin playdate sendiri

Halo Mama, masih pusing mengatasi anak-anak yang punya kebiasaan bermain gadget? Playdate, menjadi salah satu solusi mengatasi ketergantungan anak pada gadget. Selain itu, anak juga bisa belajar untuk bersosialisasi dengan teman-teman dan lingkungannya.

Ya Mam, mendidik anak zaman sekarang memang penuh tantangan. Bahkan, ada yang menyebutnya lebih berat dibandingkan masa orangtua dahulu. Namun, tetap semangat ya Mam, semua ada solusinya. Memang jika tidak bisa mengelolanya, di tengah perkembangan teknologi dan segala kemudahan, bisa menjadi penghambat perkembangan anak itu sendiri.

Internet, gagdet, video games, dan games online, menjadi pengalih terbesar perhatian anak-anak masa kini. Anak-anak yang terbiasa terpapar gadget, menjadi sulit dikendalikan, bahkan cenderung individualis. Butuh kreativitas dan upaya keras dari orangtua untuk mengatasi permasalahan ini.

Apa Itu Playdate?

Playdate adalah upaya menjadwalkan untuk bermain bersama anak-anak dan para orangtua. Playdate ini minimal dilakukan tiga anak bersama Mama atau orangtua mereka. Playdate menjadi aktivitas penting agar anak-anak bisa berinteraksi dengan teman sebayanya. Yang tak kalah penting, orangtua bisa mengawasi anak-anaknya dalam bermain sambil silahturahmi dengan orangtua yang lain dan membahas permasalahan parenting anak.

Ya,t ujuan playdate sendiri agar anak bisa belajar bersosialisasi sejak usia dini. Secara natural, anak-anak perlu dibiasakan bertemu anak-anak lain, agar nantinya mereka tidak takut atau canggung bertemu orang asing.

Playdate biasanya memiliki tema dan jadwal tersendiri, misalnya bermain di playground, di dalam rumah, atau berkunjung ke museum.

Sebab dunia anak adalah dunia bermain yang seru, dengan bermain buah hati akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari pelbagai sisi, baik fisik maupun psikisnya.

 

Tipe-Tipe Playdate

Setidaknya ada tiga tipe playdate, yaitu mommydate, edudate, dan housedate.

Mommydate, pada tipe ini Mama lebih dominan dalam bersosialisasi. Biasanya untuk para Mama yang memiliki anak berusia di bawah satu tahun.

Edudate, di atas usia satu tahun, anak bisa diajak jalan-jalan ke tempat-tempat edukatif, seperti museum, perkebunan, sawah wisata, perpusatakaan anak, playground, hingga restoran dengan program memasak untuk anak.

Housedate, ini cocok untuk Mama yang memiliki balita dan playdate-nya dilakukan di dalam rumah. Tipe ini biasanya menjadi favorit karena orangtua terkadang menjadi lebih santai, terutama karena jenis permainan disesuaikan dengan usia buah hati dan budjetnya pun disesuaikan dengan kemampuan orangtua.

bikin playdate sendiri

 

Manfaat Playdate

Anak belajar bersosialisasi, inilah di balik agenda rutin bermain bersama dalam playdate. Berikut beberapa manfaat playdate:

  • Menjalin keakraban antarteman sebaya dan silahturahmi antar orangtua.
  • Bermain bersama bisa menciptakan suasana lebih seru dan asyik, tetapi bisa pula bersinggungan dengan konflik. Anak-anak terkadang berebut mainan, saling dorong, berkelahi, dan sebagainya. Di sini ada tantangan tersendiri dari playdate, untuk mengajari anak berinteraksi dengan baik dan aman.
  • Dalam playdate, bermain merangsang motorik kasar dan motorik halus.
  • Mengembangkan daya kreativitas dan merangsang otak kanan dan kiri anak.
  • Anak-anak perlu dikenalkan hal-hal baru, hingga menambah wawasan dan mengusir rasa bosan.
  • Playdate ajang anak-anak dan orangtua mencari teman.

 

bikin playdate sendiri

Lebih lengkap inspirasi dan tip playdate bisa ditemukan dalam buku Bikin Playdate Sendiri. Buku ini ditulis dan disusun oleh tiga Mama yang memang dekat dengan dunia edukasi anak. Danesya Mayra Juzar, Dyah Ayu Amallia, dan Irna Nurul Fatimah yang merupakan orang-orang di balik akun Instagram @productivemamas akan memberikan gambaran lengkap cara membuat playdate.

Apa isi dari buku ini? Buku ini berisi lebih dari 30 ide aktivitas bermain. Selain itu, buku ini mengenalkan kepada orangtua tip dan how to membuat playdate, misalnya tip berteman dengan sesama mama, tip merencanakan playdate dan mengatasi konflik dalam playdate, rekomendasi tema dan tempat playdate, resep makanan dan minuman yang mudah dan sehat untuk anak, serta tip dekorasi untuk pesta anak atau playdate.

bikin playdate sendiriEiit..playdate tidak melulu harus mahal. Bisa direncanakan dan dikerjakan dari rumah. Tepatnya aktivitas DIY (Do It Yourself) Toys yang bisa dilakukan dengan bahan-bahan yang aman untuk anak dan biasanya yang ada di rumah. Melalui buku terbitan Visimedia ini, Mama dan orangtua bisa banyak menemukan hal baru terkait membuat playdate yang seru.

Yuk, kembangkan playdate sebagai kebiasaan bermain agar lebih seru dan selalu menemukan hal baru yang asyik dan edukatif bagi anak-anak dan orangtua. Ingat ya Mama, selalu meluangkan waktu untuk mendampingi anak-anak bermain, sebab anak-anak butuh pengawasan yang aman dan kasih sayang.

 

 

 

Write a Reply or Comment

Compare
Wishlist 0
Open Wishlist Page Continue Shopping